Minggu, 28 Februari 2010

Pelatihan Dasar Internet Di Gugus Ganispoja Blega Bangkalan

Sebagai kelanjutan dari pelatihan Troubleshooting and Maintenance yang sudah dilaksanakan di tingkat Provinsi, maka Gugus Ganispoja Blega mengadakan pelatihan Dasar Internet untuk 15 orang peserta yang diambil dari guru-guru di wilayah Gugus II Ganispoja Blega. Pelatihan ini telah dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 25 Pebruari 2010, di Ruang PSBG Ganispoja Blega.

Pelatihan dasar internet ini merupakan juga merupakan kelanjutan dari pelatihan-pelatihan ICT yang sudah terlaksana seperti DALI dan Intel tech. Selain dari pada itu, pemanfaatan barang-barang ICT yang ada di Gugus memang harus digalakkan terus-menerus guna menambah wawasan bagi guru dalam pengetahuan dan pengalaman di "dunia internet". banyak yang bisa dilakukan di dunia maya, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi yang kita butuhkan sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pendidik, misalnya saja mencari sumber belajar, mencari contoh soal-soal latihan, mencari contoh-contoh RPP dan lain sebagainya.

Dalam pelatihan dasar internet ini, peserta juga dikenalkan berbagai macam situs yang sesuai dengan profesi mereka. Situs-situs yang 'ditawarkan' dalam pelatihan dasar internet ini misalnya mencari sumber belajar di http://www. duniabelajar.com/, membantu siswa belajar melalui permainan online di http://edheads.org/, mencari berbagai macam informasi yang lengkap di http://id.wikipedia.org/wiki/halaman utama di mana kita dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Kemudian jika kita ingin mengetahui peta lokasi yang selalu update, kita bisa mengunjunginya di http://www.wikimapia.com, sedangkan Web Pendidikan Profesi Guru bisa di klik di httt://www.blogguru.net, atau di http://www.oke.or.id, atau di www.jardiknas.com, dan lain-lain.

Selain belajar mencari informasi dengan mengakses URL yang telah di tawarkan, para peserta juga diberikan materi cara membuat alamat email. Dan hasilnya, 100% peserta pelatihan dasar internet sudah memiliki alamat email. Dengan memiliki email ini, selanjutnya para peserta diajak untuk mengunjungi berbagai komunitas yang ada di dunia maya sekaligus menjadi member atau anggota di komunitas tersebut. Komunitas-komunitas di dunia maya yang diberikan kepada peserta pelatihan ini antara lain : di http://www.apakabarpsbg.com, di http://www.curriki.org, di http://www.dbe2ej.ning.com bahkan ke jaringan facebook.

Sebagai refreshing dan ice breaking Mas Arief (Tim ICT DBE 2 Jatim) mensimulasikan sistem kerja jaringan internet dengan menggunakan benang. Pada saat ice breaking ini juga diberi kebebasan para peserta untuk bertanya seputar internet, bagaimana data bisa terkirim, bagaimana virus bisa masuk dan seterusnya.

Dari hasil pelatihan ini, ternyata ada salah satu peserta yang 'kurang puas'. Kurang puas yang dimaksud ternyata kurang puas waktunya, beliau menginginkan agar pelatihan lanjutan segera diadakan di Gugus agar ilmu yang hanya sedikit ini bisa bertambah lagi. "Saya berharap pelatihan-pelatihan selanjutanya mengenai pendalaman pengetahuan internet supaya diadakan lagi di tingkat KKG Reguler, karena ilmu yang hanya sekejap ini jika tidak ditindaklanjunti dalam KKG reguler maka akan hilang tanpa bekas", ungkap Bapak Suali, S.Pd. , salah satu peserta pelatihan dasar internet dari SD Negeri Kajjan 02.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar